Jumat, 05 April 2013

Sejarah berdirinya Masjid Umar Bin Khattab

Secara fisik Masjid adalah bangunan fisik yang terdiri atas lantai, tiang, atap, dinding dan seisinya. Namun secara spiritual masjid merupakan poros nadi umat Islam yang sangat penting. Selain menjadi perekat
umat di mana mereka bisa menebarkan kabajikan, masjid juga merupakan media bagi sang Muslim agar sukses dalam menjalin hubungan vertikal dengan Allah, melalui masjid, sang muslim bisa melakukan mi'raj menuju Ilahi. Dari masjid, kaum muslimin bisa belajar-mengajar, keimanan seseorang tergambar, tingkat keberagamaan masarakat terpancar, ketenangan dan kedamaian terbinar-binar, dan kebangkitan umat mengakar.
 Puji syukur kami panjatkan kepada Allah Swt, atas berdirinnya masjid Umar Bin Khattab, Gwangju,  Korea selatan. Masjid Umar bin khattab bagaikan sebuah oase di hamparan padang pasir yang tandus, yang memberikan  nur islamiyah bagi yang haus akan Iman. Menjadi tempat untuk mencurahkan kerinduan terhadap sang Khaliq.Keberadaanya sangat dibutuhkan oleh seluruh kaum muslimin yang berada di Gwangju dan sekitarnya. Selain sebagai sarana untuk beribadah tetapi juga sebagai tempat untuk silaturahim sesama Muslim dan sebagai tempat da'wah demi tegaknya khilafah Islam.

 Dilihat secara fisik, masjid Umar Bin Khattab terdiri dari 3 lantai, lantai pertama digunakan untuk ruang Imam, tempat wudhu, kamar mandi dan dapur. Lantai kedua digunakan untuk tempat untuk beribadah dan tempat penyimpanan barang. Sedangkan lantai ketiga sebagai tempat untuk jemuran.

Masjid di Gwangju jika ditinjau dari keberadaannya dulu sejak sekitar tahun 2006 berada di Cheomdan, namun statusnya masih sewa, nah setelah itu Umat Muslim yang berada di Korea Selatan diantaranya umat muslim dari Pakistan, Indonesia, Uzbegistan dan Banglades, bersepakat untuk membangun masjid dan memutuskan untuk membeli tanah di Yangsan-dong. Atas berkat kerja keras Umat Muslim,bantuan dari Korean Muslim Federation serta Ridho Allah SWT,  akhirnya masjid Umar Bin Khattab bisa berdiri dan diresmikan pada tahun 2008.


Kini sudah hampir 5 tahun masjid Umar bin Khattab berdiri, Semoga bisa menjadi tempat untuk mengakarnya agama Islam di negeri Gingseng ini, dan juga sebagai sarana untuk menegakan Khilafah Islam. Amiin

0 komentar:

Posting Komentar