Senin, 29 Juli 2013

Kegiatan Pesantren Ilmu Ramadhan di Gwangju, 
berlangsung dengan Meriah dan penuh Hikmah
 Udara segar menghembus di pagi hari, usai mengikuti berbagai macam kegiatan di malam Ahad, rasanya badan begitu pegal dan lesu, lantaran kegiatan berakhir sekitar pukul 12 PM. Belum lagi mikirin soal materi yang tadi disampaikan, badan rasanya susah diajak bersahabat untuk tidur malam.

 Baru tidur beberapa jam , tiba-tiba kami harus dibangunkan untuk melaksanakan, santap sahur bersama. Akhirnya dengan rasa ngantuk para peserta harus meninggalkan tempat
tidurnya.

 Usai sahur, kami langsung bergegas untuk menuju tempat wudhu, dan melaksanakan shalat subuh berjamaah. Baru ba'da subuh kami mengikuti serangkaian kegiatan yang telah dijadwalkan oleh Panitia Pesantren Ilmu Ramadhan.

Acara kali ini sangat tertata dengan rapi. Diawali dengan Materi Zakat yang disampaikan Oleh Ustadz Rosihan Anwar, Lc. Beliau menyampaikan tentang pentingnya Zakat, Alasan mengapa harus berzakat, Nisab Zakat dan yang lebih menarik beliau juga mengadakan sesi tanya jawab, sehingga para peserta bisa menyampaikan unek-uneknya, bisa menanyakan apa yang belum mereka ketahui, dan yang lebih penting, mereka menjadi lebih paham tentang perkara Zakat.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan agenda Training Interaktif Ramadhan yang disampaikan oleh Ustadz Nurhadi Sukma Waluyo ST, M, Sc. Beliau menyampaikan materi yang sunguh sangat menarki, bukan hanya sekedar materi biasa, namun ini sungguh luar biasa, karena berhasil mengubah suasana yang tadinya ngantuk-ngantukan menjadi sigap, dan penuh canda tawa, sehingga para peserta dapat merespon  dan mencerna dengan baik tentang materi yang disampaikan. Dalam Penyampaian materi yang Beliau bawakan, beliau mengajak para peserta untuk Mengenali diri sendiri, Memanajemen diri, dan juga menumbukhan Kekreatifan dalam diri. Derngan materi ini maka mengajak kita untuk melukiskan apa yang menjadi tujuan kita. Karena dengan mengetahui dan memastikan tujuan kita, maka kita akan tahu apa yang harus dilakukan, Kita akan tahu apa saja yang harus kita persiapkan untuk mencapai suatu  tujuan tersebut.

Usai Agenda Trening Interaktif ramadhan, kegiatan dilanjutkan dengan Istirahat pagi. Hingga pukul 10 AM.
Baru setelah itu agenda dilanjutkan dengan Capacity building dengan Materi Organisasi Profesional oleh Kang Andi Tirta ST M,Eng. Nah di dalam bagian ini kita diajarkan untuk mengelola diri, agar bisa mengelola sebuah usaha dengan baik, disini juga beliau menyampaikan berbagai pengetahuan dengan Korean saple sebagai negara yang bisa membangun  dunia industri dan dunia kebudayaan, hingga  menjadi negara yang maju. Materi ini sangat penting bagi para peserta, karena mengajarkan untuk benar-benar dapat memenej sebuah usaha, agar bisa sukses.

 Satu jam setengah berlalu, kelas Capacity building yang dibawakan oleh Kang Andy Tirta ST, M.Eng. pun berakhir,kegiatan dilanjut dengan Materi Prinsip Ekonomi syariah yang dibawakan oleh Kang Ali Fahmi B,IT, M.Eng. Beliau menyampaikan banyak hal tentang ekonomi syariah, mulai dari sekilas tentang ekonomi syariah, bagaimana membangun ekonomi syariah dan juga motifasi untuk membangun Ekonomi Syariah.

Kegiatan berlangsung dengan begitu meriah dan penuh keterbukaan. Satu hal yang paling menarik untuk dilihat adalah, materi yang disampaikan Narasumber begitu terarah dan sesuai tahapan-tahapannya. Mulai dari dasar yaitu tentang Zakat dan sadakah, dilanjut dengan membangun diri agar sukses dan banyak uang, setelah itu diajarkan memenej uangnya dengan baik, dan baru setelah benar-benar memenej usaha dengan baik, dan sukses, baru diajarkan tentang  Membangun Ekonomi sesuai dengan Syariah Islam.

Apresiasi dan ucapan terimakasih kami haturkan kepada para Panitia,  Para Narasumber dan juga para peserta yang telah mengikuti pesantren ramadhan dengan penuh respon, dan super baik.Semoga Allah SWT membalas dengan pahala yang berlipat ganda.




Dalam Pantauan Mata Lensa



























 






0 komentar:

Posting Komentar